Free songs

Teknologi Plasma

 

By : Professor Mey-Ji Wang

 

Plasma terbentuk ketika molekul gas terpecah (dissociate) menjadi bentuk atom gas dan partikel bebas yang bermuatan yaitu elektron dan ion. Ionisasi gas ini terjadi karena elektron yang bertabrakan. Terminologi plasma ini pertama kali dipopulerkan oleh Langmuir untuk menjelaskan kondisi dimana adanya kumpulan elektron, ion dan partikel netral yang bergerak secara acak namun secara elektris masih dikatakan sebagai netral. Temperatur dari partikel yang bermuatan dalam keadaan plasma dapat mencapai ribuan Kelvin tergantung dari teknologi yang digunakan. Banyak sekali aplikasi yang dapat menggunakan teknologi plasma, diantaranya pembuatan alat-alat elektronik, laser, dan TV plasma.

Gambar  SEQ Gambar \* ARABIC 1 Pembuatan Plasma

Gambar  SEQ Gambar \* ARABIC 2 Proses Ionisasi

Ada dua alasan mengapa teknologi plasma ini menjadi sangat penting. Pertama karena plasma dapat memberikan temperatur dan kerapatan energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode kimia lainnya. Kedua, teknologi plasma memungkinkan untuk menciptakan reaksi kimia yang berbeda dengan reaksi kimia biasa diantaranya dengan terbentuknya elektron, ion, partikel bebas dan atom-atom reaktif seperti oksigen dan fluorine. Selain, proses plasma juga dapat mengubah  permukaan dari suatu material.

Gambar  SEQ Gambar \* ARABIC 3 Komponen dalam Plasma

Hingga saat ini, teknologi plasma sudah banyak diaplikasikan untuk berbagai tujuan diantaranya sebagai berikut :

  1. Aplikasi Plasma untuk Konversi Energi. Aplikasi plasma dalam bidang konversi energi diantaranya adalah untuk pengendalian reasi fusi termonuklir, pembangkit listrik magnetohydrodynamic (MHD) dan konversi energi thermionic.
  2. Aplikasi Plasma untuk Pemrosesan Material. Untuk pemrosesan material, pada umumnya teknologi plasma digunakan sebagai teknologi untuk pelapisan (coating) material. Dengan teknologi kedap udara (vacuum) dan pengendalian tekanan kerja yang baik, penggunaan teknologi plasma dapat menjadikan  permukaan suatu material berfungsi dengan lebih baik. Pencampuran material, alloy, komposit maupun keramik dapat dilakukan dengan teknologi plasma. Pemrosesan material semikonduktor untuk komponen-komponen elektronika juga memungkinkan dengan menggunakan plasma, sehingga komponen tersebut memiliki kinerja yang lebih baik

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*