Free songs

Renovatio.

Surabaya (01/10/2015) – LKMM tingkat Dasar X-XVII yang dilaksanakan selama 4 hari mengusung tema RENOVATIO.  LKMM TD X-XVII ini diikuti oleh kurang lebih 43 peserta yang merupakan mahasiswa aktif  jurusan Teknik Kimia angkatan 2014. Dalam pelatihan ini para peserta akan mendapatkan materi tentang bagaimana cara untuk membuat dan mengatur suatu acara yang baik dan sesuai dengan kondisi yang ada.

Pada hari pertama acara dimulai pada pukul 15.30 WIB bertempat di Aula Oedjoe Djoeriaman Teknik Kimia. Setelah registrasi, peserta memasuki ruangan dan duduk di bangku yang telah disiapkan. Pada hari pertama ini akan ada dua materi, yang pertama tentang pentingnya menjadi inovator yang disampaikan oleh Alumni Teknik Kimia angkatan 2011, Audit. Materi yang kedua adalah tentang analisis tema yag disampaikan oleh ketua panitia, Zavira. “Kita sebagai generasi muda harus berani membuat sesuatu yang baru, sesuatu yang beda dari yang lain, sesuatu yang nantinya bahkan bisa menjadi inspirasi untuk orang lain, sesuai dengan tema acara ini RENOVATIO.” Tutur zavira.

Barisan hitam putih terlihat berjajar rapi di depan ruangan dan siap untuk menerima materi. Semangat yang membara tampak di setiap raut wajah peserta. Hal ini juga ditunjukkan dengan antusiasme peserta ketika bertanya dan berkomunikasi dengan pemateri saat proses pemberian materi berlangsung. Selain mendapatkan materi yang sangat berguna, pelatihan ini pun memberikan nilai tambah bagi para elemen yang mengikuti. Rasa kekeluargaan, saling memberi, dan saling support pun timbul di setiap individu nya. Dengan begitu, tak terasa mereka sudah melewati hari-hari yang sarat akan materi, diantaranya adalah analisis kondisi lapangan, sistem pembagian kerja, juga sponsorship dan tentunya masih banyak materi-materi lainnya.

Dihari ketiga ini sebelum pulang peserta mendapatkan penugasan untuk membuat suatu visualisasi yang akan digunakan untuk simulasi total pada keesokan harinya. Seperti biasa, sesi terakhir adalah sesi yang paling mendebarkan dan membuat peserta merasa was-was. Sesi ini dipimpin oleh komisi disiplin pelatihan, mereka memberikan pemaparan tentang poin-poin yang di dapatkan oleh peserta selama pelatihan berlangsung. Nilai akhir dari setiap peserta diambil dari semua aspek, dan diperhitungkan dengan sangat teliti.

Minggu, 04 Oktober 2015 merupakan hari terakhir pelatihan ini. Hari ini peserta dapat bernapas sedikit lega. Karena hari tidak akan ada meteri di kelas, yang memaksa peserta harus duduk tegap memerhatikan setiap perkataan sang pemateri. Hari ini peserta akan melakukan simulasi total, menerapkan semua ilmu yang sudah di dapatkan selama 3 hari kemarin. Ada dua simulasi yang akan dilakukan oleh peserta, yang pertama adalah simulasi mengajukan sponsor ke suatu perusahaan dan yang kedua adalah simulasi dalam memperkenalkan acara yang telah dibentuk. Bagaimana peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah di dapat juga nantinya akan dinilai dan masuk kedalam suatu kriteria penilaian kelulusan peserta.

Setelah simulasi selesai dilakukan, acara ditutup dengan sesi ramah tamah antar peserta dan juga alumni pelatihan LKMM TD terdahulu. Ramah tamah ini merupakan ajang dimana peserta dapat menyampaikan impiannya pada tahun-tahun selanjutnya. Karena sesuai dari tujuan diadakannya LKMM ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki pandangan yang visioner dan matang dalam mempersiapkan hal yang akan dihadapi kedepannya. Dengan berakhirnya sesi ramah tamah ini maka berakhir juga pelatihan LKMM TD X-XVII yang diadakan Teknik Kimia FTI-ITS. (LKMS)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*