Free songs

Kurikulum Keprofesian HIMATEKK FTI-ITS

Kompetensi digolongkan mejadi 2 jenis, yaitu Hard Competencies dan Soft Competencies. Yang termasuk Hard Competencies adalah Skill (ketrampilan) dan Knowledge (pengetahuan), sedangkan Soft Competencies adalah Motives (motivasi), Traits (karakter) dan Self Concept (konsep diri).
(Mc Clelland, 2003)

Dulu dan bahkan sekarang beberapa perusahaan masih hanya mengukur Hard Competencies saja untuk mendapatkan SDM yang berkompeten. Hal ini dikarenakan Hard Competencies adalah parameter yang paling mudah terlihat dan diukur. Namun, berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa untuk Hard Competencies saja ternyata tidak cukup untuk membuat seorang karyawan berkembang sesuai dengan harapan perusahaan. Maka beberapa perusahaan besar selanjutnya melengkapi metoda penyaringan karyawannya dengan pengukuran Soft Competencies. Hal ini dapat dilakukan di awal proses rekruitmen kerja, di Probation Period (masa percobaan), atau bahkan saat proses meniti jenjang karir yang lebih tinggi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, faktor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang bukanlah hanya Hard Competencies saja, namun juga Soft Competencies berperan sangat besar.

Oleh karena itu, Competency Development Department HIMATEKK FTI-ITS membuat kurikulum keprofesian sebagai acuan dalam memfasilitasi pengembangan kompetensi bagi mahasiswa tahun pertama hingga tahun keempat. Berikut kurikulum keprofesian HIMATEKK FTI-ITS dapat di download melalui link berikut https://intip.in/kurikulumkeprofesian

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*